Jumat, 19 Februari 2010 | |

Superbrands

Superbrands merupakan organisasi independen yang memberikan penghargaan terhadap merek-merek. Organisasi yang didirikan di London 12 tahun yang lalu ini, mengenalkan dan mempublikasikan pencapaian dari ribuan merek terkemuka di dunia dalam sebuah buku. Kriteria seleksi merumuskan bahwa merek dengan predikat Superbrand mampu menanamkan reputasi terbaik di bidangnya.

Superbrands tidak saja terdapat di Indonesia, tetapi di Amerika dan Eropa terdapat pula penghargaan superbrands. Di Indonesia kriteria superbrands sedikit berbeda dengan di Amerika dan Eropa.

Di Amerika dan Eropa penilaiannya mengedepankan keistimewaan atau nama besar merek bersangkutan. Di Indonesia selain merek yang dinilai, jasa dan pelayanannya (juga dipakai setiap hari) dan tentunya yang dikonsumsi banyak konsumen. Poinnya, superbrands harus sesuai dengan suara konsumen, tapi bukan produk baru. Harus lama di pasar. Untuk (produk) baru, belum terbukti loyalitas dan dominasinya di pasar.

Tahun ini superbrands di Indonesia mengadopsi hasil riset yang terpecaya. Superbrands mengadopsi hasil riset The Nielsen Company Indonesia. Hasil riset The Nielsen Company Indonesia menyatakan bahwa produk yang layak mendapat label superbrands memang harus sesuai dengan suara konsumen.

Superbrands bertekad untuk terus mengadopsi hasil riset Nielsen. Pertanyaan kepada konsumen, atau dalam hal ini responden, akan lebih dipertajam. Selain itu, jenis produknya akan diperluas.

Riset penentuan superbrands kali ini dilakukan pada Oktober 2009 terhadap 1.100 responden di enam kota besar. Yakni, Jakarta, Medan, Bandung, Suarabaya, Semarang, dan Makassar.

Inilah para penerima Superbrands di kategori masing-masing adalah
- Jawa Pos
- Holcim
- Indomaret
- Oke Shop
- Trac
- Ultraflu
- Telesindo Shop
- Sania
- Top 1
- Sarung Gajah Duduk
- Dua Belibis
- Indomie
- Toyota
- Indomilk
- Softex
- Esia
- GT Man
- Bimoli
- Mustika Ratu
- RCTI

Sumber : Jawa Pos

1 komentar:

LELA LIKE LELE mengatakan...

Kepengen banget dapat pengakuan seperti superbrands