Minggu, 14 Februari 2010 | |

Kerja bakti

Di Indonesia kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak asing lagi. Dengan kerja bakti saling membahu para penduduk untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan saling bahu membahu pekerjaan yang berat dapat menjadi ringan.

Seperti yang dilakukan di kampung saya RT 04, RW 10, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara. Pada hari minggu para penduduk melakukan kerja bakti memperbaiki jalan dan mengeruk lumpur yang terdapat di selokan. Daerah rumah saya ini memang terkenal dengan daerah banjir.

Apalagi beberapa bulan ini jalan dikampung saya ini sudah sangat rusak dan memang sudah tidak layak untuk dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun sepeda. Yang bisa melewati hanya truk saja. Penyebabnya karena jalan ini sering tergenang air, sering dilalui oleh kendaraan yang bermuatan banyak (truk pasir dll) dan juga tanah yang selalu turun setiap tahun.

Para warga bukannya diam begitu aja. Para warga sudah mencoba memperbaikinya, (termasuk membuat proposal bantuan kepada kelurahan) tetapi tidak ada hasilnya sama sekali. Bantuan yang diharapkan warga kepada kelurahan juga belum turun.

Akhirnya 2 minggu lalu, bantuan itupun turun. Dengan semangat dan kegembiraan, para warga mengadakan kerja bakti. Dengan gotong royong, para warga memperbaiki jalan tersebut.

Ini foto-foto pada waktu jalan masih tergenang air dan pada waktu kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh warga.








0 komentar: